Akuntansi bagi hasil sistem mato, Etnografi bisnis restoran Padang

Sinopsis buku oleh Hadisurya_Coffeepreneur Journey

Judul : Akuntansi bagi hasil sistem mato, Etnografi bisnis restoran Padang

Penulis : Hanif, Unti Ludigdo, Aulia Fuad Rahman, Zaki Baridwan

Penerbit : Mitra Wacana Media

Tahun : 2015

Buku ini merupakan hasil perpaduan akuntansi dengan budaya Minang dalam mengelola, mencatat dan melaporkan transaksi keuangannya, khususnya di Rumah Makan Padang. Secara umum, buku ini dapat dikelompokan menjadi empat bagian besar yaitu penjelasan latar belakang, tehnik pengumpulan dan pengolahan data, pengelolaan uang serta pencatatan akuntansinya.

Buku ini hadir untuk menemukan makna budaya dari praktik yang ada di masyarakat Minang, yaitu sistem Mato. Seluruh data diperoleh dari pengamatan, wawancara serta ikut serta dalam kegiatan harian di salah satu rumah makan Padang yang berlokasi di Jakarta. Hasilnya, ditemukan sistem Mato yang digunakan untuk menjalin kerjasama dengan investor serta pembayaran upah pegawai. Sistem Mato merupakan sistem bagi hasil dengan penambahan porsi tertentu untuk setiap karyawan, mulai dari manajer, tukang masak, kepala paluang, pelayan, kasir, bagian minuman, anggota dapur hingga petugas cuci piring. Pencatatan akuntansi dilakukan secara sederhana namun mendekati Value Added Statement. Sistem pencatatan tunggal, pembayaran zakat 2,5% dari laba kotor, pelaporan per 100 hari kerja, depresiasi sebagai cadangan dana dan tidak adanya laba ditahan menjadi keunikan tersendiri.

Keunggulan buku ini ialah menjelaskan secara detail perhitungan laba dan pembagiannya, kelebihan dan kekurangan sistem Mato serta istilah tertentu dalam pembukuannya. Dengan membaca buku ini, kita akan memahami yang dimaksud akuntansi dayo, piti basamo, akuntansi uang perai. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bagaimana menyelesaikan konflik dalam organisasi, menjaga hubungan antar karyawan, unggul dengan rumah padang lain yang lebih modern serta sikap positif pemilik saat karyawan resign dan menjadi pesaingnya.

Secara khusus, buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa akuntansi. Melalui buku ini, wawasan mahasiswa dapat lebih luas melihat akuntansi tidak hanya IFRS atau GAAP namun ada sistem akuntansi lain yang tunduk pada nilai adat serta mengedepankan aturan Tuhan.

Bacaa Auditor